Peluang Budidaya Ubi Ungu Organik

cara-budidaya-ubi-unggu-organikBudidaya ubi ketela ungu , ketela rambat , purple sweet potatoes, merupakan salah satu peluang usaha yang dapat anda coba, terutama bagi anda yang menyukai dengan dunia pertanian pada holtikultura. Selain ubi jalar merah membudidayakan tanaman pagan ini “ubi ungu” yang konon berasal dari negara Amerika Tengah mulai dikenal di negara-negara tropis seperti Indonesia pada abad ke-16.

Memang sangat memberikan keuntungan serta peluang yang sangat bagus jika anda mau melakukan budidaya ubi ungu atau ketela ungu. Bahan pangan yang dapat diolah menjadi bahan berbagai aneka makanan ini memiliki banyak kandungan senyawa yang sangat berguna untuk tubuh, seperti karbohidrat, vitamin A dan C. Selain itu dalam ubi ungu pun juga mengandung antosianin yang efektif dalam mencegah penyebaran kanker.

Peluang Bisnis Budidaya Ubi Ungu Organik

Untuk melakukan budidaya ketela / ubi ungu memang realtif mudah. Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah kering maupun basah sehingga anda dapat mengusahakan budidaya sepanjang tahun. Bagi anda yang tertarik serta merebut peluang pasar untuk melakukan budidaya ubi ungu organik, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal terkait dengan pelaksanaan budidaya tersebut, di antaranya yaitu:

Pola Tanam Ramah Lingkungan

Karena manfaat ubi ungu bagi kesehatan sangat penting! , sehingga dalam hal budidaya jenis ubi ini sebaiknya menggunakan pola tanam organik , dengan berbudidaya tanaman holtikultura yang ramah lingkungan , para petani akan berkontribusi juga dalam membangun masyarakat indonesia yang lebih sehat. Selain itu keuntungan para petani juga akan semakin melimpah , ini karena teknik menanam menggunakan sistem organik akan menekan biaya produksi atau budidaya. Selain itu manfaat lain dengan pola organik adalah perbaikan pada tanah pertanian yang telah rusak oleh pupuk kimia.

Syarat pertumbuhan

Pada dasarnya untuk melakukan budidaya ubi ungu, tidak memerlukan syarat khusus. Namun, untuk memperoleh hasil panen yang optimal, sebaiknya anda melakukan budidaya di daerah dengan suhu udara 21 hingga  27 °C. selain itu, daerah yang anda pilih sebagai lahan penanaman harus mendapat sinar matahari sekitar 11 hingga 12 jam dalam 1 hari dan biasanya anda akan memperoleh hasil yang optimal jika panen yang anda lakukan pada musim kemarau atau kering. Anda juga harus memperhatikan derajat keasaman dari tanah yang anda gunakan yaitu pada pH 5,5 hingga 7,5 dan pada saat ubi ungu masih muda, membutuhkan asupan air yang lebih banyak.

Teknik budidaya

Teknik budidaya ubi ungu yang perlu anda perhatikan adalah meliputi pembimbitan, olah tanah serta pembentukan media penanaman, penanaman, pemupukan yang hanya memanfaatkan bokashi , penyiangan, pengairan, pengendalian hama dan penyakit secara organik, panen dan juga pasca panen. Mengenai pembibitan yang harus anda perhatikan adalah anda memilih bibit dengan varietas unggul untuk memperoleh hasil dengan kualitas yang baik. Untuk penanaman ubi ungu, umumnya dilakukan dengan teknik stek dan setelah penanaman ini diperlukan pengairan yang cukup untuk merangsang pertumbuhan akar bibit lebih cepat
Untuk pengairan lebih anda fokuskan pada saat awal penanaman, sedangkan untuk pertumbuhannya, tanaman ubi ungu tidak begitu memerlukan pengairan yang intensif. Penyiangan dapat anda lakukan ketika umur tanaman 3-4 minggu. Hal ini perlu untuk anda lakukan agar tanaman anda tidak terganggu dengan adanya gulma pengganggu. mengendalikan adanya hama dan penyakit ini dapat menghilangkan gangguan yang dapat menurunkan kualitas ubi ungu organik yang dihasilkan. Untuk pemanenan dapat anda lakukan ketika ubi ungu berusia 3,5 – 4 bulan.

Cukup mudah bukan untuk melakukan budidaya ubi ungu? Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dengan berbudidaya ketela ungu mungkin dapat membantu anda merebut peluang pasar agro yang semakin meningkat permitaan akan ubi jenis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *