Membuat Pakan Ternak Kambing Berat Naik 10 kg per Bulan

cara-membuat-pakan-ternak-kambingTeknik modern membuat pakan ternak dengan menggunakan limbah jerami, pohon pisang (debog pisang), bungkil kedelai dan lain-lain merupakan faktor keberhasilan dalam beternak kambing walaupun tidak bisa melupakan faktor lain seperti cara pemilihan bibit, cara membuat kandang, kalkulasi/managemen dalam beternak dan masih banyak lagi faktor yang menentukan atas keberhasilan dalam beternak.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pakan ternak dengan fermentasi karena factor ini merupakan factor yang paling dominan diantara yang lainnya. Walaupun cara ini dibuat dengan sederhana namun hasilnya sangat luar biasa dan terbukti bisa menaikan berat badan ternak sekitar 2 – 4 kg dalam waktu 10 hari. Baiklah mari kita mulai cara membuat pakan ternak kambing dengan fermentasi.

siapkan alat-alat untuk membuat pakan ternak :

  • Pisau/gobang
  • Ember dan drum plastik
  • Perpal
  • Dan lainnya yang mungkin diperlukan.

Bahan yang diperlukan dalam membuat pakan ternak kambing :

  1. Ampas ketela/singkong kering, tepung jagung, katul untuk memenuhi karbohidrat.
  2. Ampas kecap, Ampas tahu, Kulit kedelai, Kulit kacang hijau, Bungkil untuk memenuhi kebutuhan Protein.
  3. Segala macam Jerami (untuk membuat pakan kering), pohon pisang (untuk membuat pakan basah), segala macam rumput, Rapak tebu/daduk, Rendeng kedelai, kangkung dan lain-lain untuk memenuhi suber serat.
  4. Gamping, Cangkang telur, tepung tulang, Garam untuk memenuhi  Mineral dan Kalsium.
  5. SOC (Suplemen Organik Cair) sebagai probiotik.
  6. Tetes tebu atau Gula pasir perbandingan 1 : ¼ sebagai sumber energy
  7. Air

Komposisi dalam pembuatan pakan kambing per kwintal bahan utama :

Bahan-bahan Berat/takaran Bahan-bahan Berat/takaran
Jerami / pohon pisang 100 kg Tetes Tebu/Gula pasir 4 ons/1 ons
Ampas Tahu 15 kg SOC 30 cc(3 tutup botol SOC)
Katul/Dedak 3 kg Air ±10 Liter
Garam ¼ kg - -

 

Cara membuat Fermentasi Pakan Ternak :

  • Jerami / Pohon Pisang dipotong-potong/dicacah
  • Campurkan Jerami / pohon pisang, Ampas tahu dan Katul
  • Masukkan SOC kedalam 1 liter air, campur gula pasir dan parutan nanas 1 buah, aduk dan diamkan selama 15 menit, kemudian masukan kedalam air ±10 liter lalu siramkan kedalam pakan secara merata, kemudian taburkan garam dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  • Masukan Pakan kedalam drum plastic lalu tutup dengan terpal kedap udara selama 24 jam jika menggunakan bahan jerami (Kering) dan jika menggunakan bahan pohon pisang (Basah) cukup 1-3 jam.
  • Pakan siap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.

    Catatan: Jumlah air untuk fermentasi basah (gedebog) cukup 1 liter dan jumlah air untuk fermentasi kering (jerami) sebayak 10 liter.

Jika masih bingung tonton dulu video cara pembuatan pakan ternak fermentasi jerami berikut ini :

Tonton juga kambing makan kedebog pisang (pohon pisang) hasil fermentasi dengan menggunakan SOC HCS berikut ini :

Cara memberikan pakan ternak hasil fermentasi :

  • 1-7 hari tiap pagi ternak diberi pakan seperti biasa yang telah di semprot dengan SOC
  • Pada 8 harinya ternak kambing / sapi diberi pakan fermentasi pada sore hari, bila masih kurang semangat tambahkan pakan biasa.
  • Selanjutnya ternak kambing /sapi akan normal dengan pakan fermentasi.
  • Kalau sudah bisa makan dengan lahap maka badan kambing / sapi akan cepat bertambah gemuk dan biasanya dalam pemeliharaan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan waktu penjualan maka sekarang cukup membutuhkan waktu sekitar 3 bulan setelah diberikan pakan fermentasi.

Keuntungan diberi pakan Ternak Hasil fermentasi :

  1. Bobot ternak cepat bertambah berat, gemuk dan sehat
  2. Dagingnya rendah kolesterol dan tidak prengus
  3. Kotorannya tidak bau sehingga tidak menggangu lingkungan sekitarnya.
  4. Urine dan kotorannya dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik, jika kita memelihara sebanyak 20 ekor kambing dan diberi makan dengan fermentasi SOC maka kotorannya bisa dipakai untuk pupuk satu hektar sawah jadi kita menanam padi tanpa beli pupuk, tanpa hama karena dalam membuat komposnya kita beri PHEFOC dan tanpa matun.

Akhirnya pembahasan tentang membuat pakan ternak kambing / sapi tuntas sudah semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh peternak dan calon peternak maupun petani. Salam hangat dari Kami. Go Organik.. GoSuccess..!! Dengan pertanian berkelanjutan menuju Hidup Cerah Sejahtera.

Bagi rekan – rekan peternak yang membutuhkan produk SOC HCS untuk membuat pakan ternak bisa Anda dapatkan hanya di Stockist HCS !

 

73 gagasan untuk “Membuat Pakan Ternak Kambing Berat Naik 10 kg per Bulan

    1. kosim Penulis

      Memang paling bagus pakai ampas tahu tapi kalau sulit mencarinya boleh pakai ampas bir, bungkil kopra, kedelai BS, tumbi kedelai atau tumbi jagung dengan perbandingan sama seperti ampas tahu atau bisa di kreasikan sendiri.

      salam buat pa Ikhzan sukses selalu…

      Balas
  1. Indra

    Pak

    Apakah bisa diberikan informasi dimana kami bisa mendapatkan kambing yang mau pakan fermentasi?
    Kl bisa daerah sekitar tegal

    Trus stockist daerah tegal dimana ya pak?

    Balas
    1. kosim Penulis

      Terima kasih pak Indra atas atensinya, sebetulnya kambing jenis apa saja bisa di beri pakan fermentasi namun ada caranya silakan pak indra tanyakan langsung di 085777599952.
      Kami stockist HCS brebes dekat sama tempat tinggal bapak silakan order SOC Kami juga melayani COD Untuk daerah Tegal, Brebes dan sekitarnya.

      Balas
    1. kosim Penulis

      Produk HCS adalah produk yang di produksi oleh PT. HCS yaitu produk pertanian, peternakan dan kesehatan silakan dapatkan di mitra dan stockis HCS terdekat dengan daerah bapak, jika kesulitan silakan order stockist kami dengan menghubungi 085777599952.
      terima kasih.

      Balas
    1. kosim Penulis

      Stockist HCS di Palembang belum ada pak, barang kali bapak berminat jadi Mitra HCS atau stockist HCS di Palembang silakan daftar peluang masih terbuka di sana atau ingin membeli produk HCS silakan hubungi mitra terdekat, jika masih kesulitan kontak pak Mulyadi, ST (Medan – SUMUT)HP: 0813 2111 6783 bisa juga hubungi kontak kami 0821 4408 8000

      Balas
  2. warsana

    pak..kok kata temen peternak ada kambing/sapi yg tidak maumakan pakan fermentasi..apa perlu proses afaptasi dulu..gimana caranya..??

    Balas
    1. kosim Penulis

      Banyak cara pak, salah satunya terpaksa kambing suruh puasa dulu sehari dan hanya di kasih minum larutan SOC lalu esok harinya baru dikasih makan fermentasi insya Allah kambing akan lahap makan fermentasi tersebut.
      terima kasih pak Warsana sudah mau mampir…

      salam sukses

      Balas
  3. irfan

    selamat pagi dan salam sukses pak.
    sebelumnya saya sudah melakukan budidaya kambing pak, tetapi 1 thn yg lalu sudah saya jual semua karena bahan baku pangan yg susah di dapat waktu musim kemarau.
    dengan adanya artikel dari bapak yg menarik maka saya akan mencoba untuk mempelajari lebih mendalam dan lebih lanjut.

    —”1-7 hari tiap pagi ternak diberi pakan seperti biasa yang telah di semprot dengan SOC”—

    *maksud dari argumen diatas itu bagaimana pak, apakah makanan rumput yg biasa dikasih ke ternak sebelumnya disemprot dengan cairan SOC dan disemprot dengan takaran yg bagaimana?

    —sebelumnya terima kasih dan tak lupa salam sukses—

    Balas
    1. kosim Penulis

      Betul pak di semprot dengan SOC selama seminggu tujuannya agar kambing terbiasa dengan aroma fermantasi sesudah itu sedikit demi sedikit campurkan pakan fermentasi sampai kambing 100% makan pakan fermentasi.
      dan masih ada cara lain agar kambing mau makan pakan fermantasi silakan kontak langsung di 082144088000
      terima kasih

      Balas
  4. irfan

    selamat pagi dan salam sukses pak.
    pak saya mau menanyakan apakah ada pengganti lain dari bahan pangan ampas tahu, Ampas kecap, Kulit kedelai, Kulit kacang hijau, dan Bungkil tetapi kandungan proteinnya sama tingginya, soalnya di tempat saya ampas tahu harganya mahal pak?

    (dan apa yg dimaksud dengan bungkil pak?)

    Balas
    1. kosim Penulis

      Setelah fermentasi selesai kita harus buka dulu agar kandungan amoniak keluar dan kita tutup saat penyimpanan.
      bersihkan wadah saat mau digunakan membuat pakan fermentasi kembali agar bersih dari bakteri merugikan.
      terima kasih.

      Balas
  5. ojie

    jika soc yg telah di campur air 10 liter dan di siram ke dalam adonan fermentasi. apa harus di habiskan atau jika di rasa sudah cukup agar di hentikan ?? mohon tanggapanya yah mass

    Balas
    1. kosim Penulis

      Pada saat pencampuran antara bahan dengan larutan SOC memang ada ketentuanya yaitu bahan yang hendak di fermentasi dalam keadaan tidak basah dan tidak kering (memel) jika bahan sudah memel maka pencampuran harap dihentikan.
      Nb. jika menggunakan bahan basah(gedebog) agar tidak terlalu banyak menggunakan air tetapi jika bahan kering(jerami) silakan larutkan 5 tutup dalam 10 ltr air.

      Balas
  6. wafiq

    Mohon.penjelasan tentang komposisi pemberian pakan. Satu ekor kambing berapa kali dan per satu kali pemberian berapw kilo pakan? Dan untuk fermentasi yang sudah jadi berapa hari masa kadaluarsanya? Terimakasih atas jawabannya dan tolong rikirim juga jawabannya ke email saya

    Balas
          1. kosim Penulis

            Jumlah pakan yang di berikan ke kambing adalah 10% dari berat kambing itu sendiri per harinya.
            misal : kambing dengan berat 20 kg maka pakan yang diberikan adalah 2 kg.

  7. h.yudha firdaus

    Saya tertarik buat mencoba HCS,untuk bisa mendapatkan buat daerah cikampek jawa barat di mana agen HCS nya ? Terimaksih

    Balas
  8. taufik

    saya sedang cob mengembangkan usaha ternak kelinci. saya tertarik untuk mencoba membuat pakan dari gedebog pisang. tapi untuk campuran sperti ampas tahu,bungkil kelapa/ bungkil jagung cukup sulit untuk saya dapatkan. apa bisa ganti hanya dengan dedak saja?

    Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      Ampas tahu sebagai pelengkap protein bisa anda ganti dengan lamtoro, turi, jantung pisang, kleci/kulit ari pada kedelai, kacang hijau, atau air rebusan kedelai.
      Dedak juga perlu sebagai pelengkap karbohidrat jika tepung jagung susah didapat.
      cara mendapatkannya silakan SMS saja.

      Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      Daerah ngawi belum ada stockist HCS pak Rohmad.
      Silakan barang kali berminat menjadi stockist HCS di daerah Anda.
      Kami senang jika anda menjadi orang no 1 sebagai pembibing pertanian dan peternakan organik pola HCS sekaligus penyedia produknya.

      terima kasih.

      Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      Kosentrat pakan kambing/sapi harus memenuhi 7 unsur penting yaitu serat, protein, karbohidrat,kalsium/mineral, bakteri matrik, glukosa dan air. 7 unsur tersebut harus ada yang mewakili atau diganti yang lain jika bahan tersebut sulit dicari disekitar kita.

      Balas
  9. Edy P

    Pak. Untuk daerah Lampung. dimana saya bisa beli SOC. Atau kalo beli ke bapak, bagaimana caranya.
    Nantinya sih kalo soc ini bisa dimanfaatkan oleh peternak Lampung. Saya ingin buka stokis ?
    Mohon penjelasan.
    Trims

    Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      jika Anda bermitra dengan kami, silakan konsutasikan tentang peternakan Anda pada kami.
      dengan senang hati akan kami pandu dengan pola HCS.

      Balas
  10. cahyo

    untuk mesin chopper rumput, spesifikasinya? harga nett nya berapa ya pak? klo kirim ke kediri jawa timur total biayanya berapa? thx

    Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      setelah Anda menjadi mitra HCS maka pembelian produk HCS sudah menggunakan harga mitra.
      untuk mengetahui harga mitra silakan kontak kami.

      Balas
  11. siroj

    pak mau tanya? apakah kalu takaran yang kita buat untuk membuat bahan pakan fermentasi tdk sesuai dengan takaran dapat menimbulkan keracunan pada hewan ternak pak? trimkasih

    Balas
  12. andi*

    Di medan sumut ada pelatihannya G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ Y̶̲̥̅̊ⓐåå
    Sy ingin sekali belajar ternak kambing dengAn cara pakan permentasi.tq

    Balas
  13. wildan

    Pak, mau tanya.
    Hari rabu saya NGARIT rumput segar
    Hari Kamis pagi sisa rumput masih banyak dan segar, tapi kambing tak mau memakannya.
    Dari sisa rumput itu saya fermentasi basah pakai SOC, saya masukin karung plastik hitam 2 jam.
    Kemudian saya angin-anginkan dan saya kasih ke ternak, kok ternaknya tak mau makan pak?
    Padahal SOC saya gunakan sesuai prosedur,,
    Ada yang salah dengan komposisi saya:
    -Rumput segar (BEKAS) 1 karung
    -SOC + 1 sendok Gula + 1,5 gelas air (dilarutkan dulu)
    -Air 1 ember
    -Bekatul 1/5 kg
    -garam 1 blok / 1 kotak kecil,,bukan garam bubuk, tapi garam kotak-kotak
    -Mohon balasannya

    Balas
  14. chrisna

    Mohon pencerahannya pak. Pakan fermentasi bs dsimpan maksimal brp lama? Misalkan utk ilustrasi bpk diatas (gedebong pisang 100 kg), pasti tidak bs habis sama kambing2 saya dalam waktu 1 hari, lalu sisa pakan tersebut bs bertahan berapa lama dalam wadah tertutup?
    Trims ya pak….

    Balas
  15. kholid

    Pak mau tanya kambing saya dikasih fermentasi basah / gedebog pisang mau makan dengan lahap akan tetapi setelah beralih ke fermentasi kering / jerami koq susah makannya. pernah juga menggunakan jerami dari temanku yang sudah difermentasi tetapi tetap juga tidak mau padahal kambing temanku makannya lahap. gimana itu pak?

    Balas
  16. nurman

    pak saya mau nanya,produk hcs di daerrah krwang udh ada stok nya blum?berapa lama kadaluarsa makanan permentasi?tolong di bls ke email saya,terima kasih sblum nya.

    Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      ada pak, silakan kunjungi mitra di kota Anda pada menu di blog ini.
      Jenis Fermentasi basah dapat betahan sekitar 10 hari tetapi pada pakan fermentasi basah bisa tahan bertahun-tahun.

      Balas
  17. edi subroto

    kebutuhan pakan kambing/sapi adalah 10 % dari berat badannya,
    bagaimana seandainya kita beri makan melebihi 10%? apa akibatnya? TKS…

    Balas
    1. Kosim HCS Penulis

      Jika kita memberikan pakan lebih dari 10% dari bobot ternak tersebut, paling kalau ternak sudah merasa kenyang akan berhenti sendiri/tidak di makan, dan akan dimakan ketika kambing lapar lagi, jadi tidak usah dibuang jika pakan tidak habis dimakan.
      terima kasih pak Edi masukannya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>