Membuat Pakan Ternak Kambing Terbaik

cara-membuat-pakan-ternak-kambingTeknik modern membuat pakan ternak dengan menggunakan limbah jerami, pohon pisang (debog pisang), bungkil kedelai dan lain-lain merupakan faktor keberhasilan dalam beternak kambing walaupun tidak bisa melupakan faktor lain seperti cara pemilihan bibit, cara membuat kandang, kalkulasi/managemen dalam beternak dan masih banyak lagi faktor yang menentukan atas keberhasilan dalam beternak.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pakan ternak dengan fermentasi karena factor ini merupakan factor yang paling dominan diantara yang lainnya. Walaupun cara ini dibuat dengan sederhana namun hasilnya sangat luar biasa dan terbukti bisa menaikan berat badan ternak sekitar 2 – 4 kg dalam waktu 10 hari. Baiklah mari kita mulai cara membuat pakan ternak kambing dengan fermentasi.

siapkan alat-alat untuk membuat pakan ternak :

  • Pisau/gobang
  • Ember dan drum plastik
  • Perpal
  • Dan lainnya yang mungkin diperlukan.

Bahan yang diperlukan dalam membuat pakan ternak kambing :

  1. Ampas ketela/singkong kering, tepung jagung, katul untuk memenuhi karbohidrat.
  2. Ampas kecap, Ampas tahu, Kulit kedelai, Kulit kacang hijau, Bungkil untuk memenuhi kebutuhan Protein.
  3. Segala macam Jerami (untuk membuat pakan kering), pohon pisang (untuk membuat pakan basah), segala macam rumput, Rapak tebu/daduk, Rendeng kedelai, kangkung dan lain-lain untuk memenuhi suber serat.
  4. Gamping, Cangkang telur, tepung tulang, Garam untuk memenuhi  Mineral dan Kalsium.
  5. SOC (Suplemen Organik Cair) sebagai probiotik.
  6. Tetes tebu atau Gula pasir perbandingan 1 : ¼ sebagai sumber energy
  7. Air

Komposisi dalam pembuatan pakan kambing per kwintal bahan utama :

Bahan-bahan Berat/takaran Bahan-bahan Berat/takaran
Jerami / pohon pisang 100 kg Tetes Tebu/Gula pasir 4 ons/1 ons
Ampas Tahu 15 kg SOC 30 cc(3 tutup botol SOC)
Katul/Dedak 3 kg Air ±10 Liter
Garam ¼ kg

 

Cara membuat Fermentasi Pakan Ternak :

  • Jerami / Pohon Pisang dipotong-potong/dicacah
  • Campurkan Jerami / pohon pisang, Ampas tahu dan Katul
  • Masukkan SOC kedalam 1 liter air, campur gula pasir dan parutan nanas 1 buah, aduk dan diamkan selama 15 menit, kemudian masukan kedalam air ±10 liter lalu siramkan kedalam pakan secara merata, kemudian taburkan garam dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  • Masukan Pakan kedalam drum plastic lalu tutup dengan terpal kedap udara selama 24 jam jika menggunakan bahan jerami (Kering) dan jika menggunakan bahan pohon pisang (Basah) cukup 1-3 jam.
  • Pakan siap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.Catatan: Jumlah air untuk fermentasi basah (gedebog) cukup 1 liter dan jumlah air untuk fermentasi kering (jerami) sebayak 10 liter.

Jika masih bingung tonton dulu video cara pembuatan pakan ternak fermentasi jerami berikut ini :

Tonton juga kambing makan kedebog pisang (pohon pisang) hasil fermentasi dengan menggunakan SOC HCS berikut ini :

Cara memberikan pakan ternak hasil fermentasi :

  • 1-7 hari tiap pagi ternak diberi pakan seperti biasa yang telah di semprot dengan SOC
  • Pada 8 harinya ternak kambing / sapi diberi pakan fermentasi pada sore hari, bila masih kurang semangat tambahkan pakan biasa.
  • Selanjutnya ternak kambing /sapi akan normal dengan pakan fermentasi.
  • Kalau sudah bisa makan dengan lahap maka badan kambing / sapi akan cepat bertambah gemuk dan biasanya dalam pemeliharaan membutuhkan waktu sekitar 6 bulan waktu penjualan maka sekarang cukup membutuhkan waktu sekitar 3 bulan setelah diberikan pakan fermentasi.

Keuntungan diberi pakan Ternak Hasil fermentasi :

  1. Bobot ternak cepat bertambah berat, gemuk dan sehat
  2. Dagingnya rendah kolesterol dan tidak prengus
  3. Kotorannya tidak bau sehingga tidak menggangu lingkungan sekitarnya.
  4. Urine dan kotorannya dapat dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik, jika kita memelihara sebanyak 20 ekor kambing dan diberi makan dengan fermentasi SOC maka kotorannya bisa dipakai untuk pupuk satu hektar sawah jadi kita menanam padi tanpa beli pupuk, tanpa hama karena dalam membuat komposnya kita beri PHEFOC dan tanpa matun.

Akhirnya pembahasan tentang membuat pakan ternak kambing / sapi tuntas sudah semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh peternak dan calon peternak maupun petani. Salam hangat dari Kami. Go Organik.. GoSuccess..!! Dengan pertanian berkelanjutan menuju Hidup Cerah Sejahtera.

Bagi rekan – rekan peternak yang membutuhkan produk SOC HCS untuk membuat pakan ternak bisa Anda dapatkan hanya di Stockist HCS !

 

Tulisan ini dipublikasikan di BLOG dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

122 Respon untuk Membuat Pakan Ternak Kambing Terbaik

  1. ikhzan berkata:

    ampas tahu di daerahku sulit pak,….

    Apakah ada alternatif lain, selain ampas tahu

    • kosim berkata:

      Memang paling bagus pakai ampas tahu tapi kalau sulit mencarinya boleh pakai ampas bir, bungkil kopra, kedelai BS, tumbi kedelai atau tumbi jagung dengan perbandingan sama seperti ampas tahu atau bisa di kreasikan sendiri.

      salam buat pa Ikhzan sukses selalu…

  2. Indra berkata:

    Pak

    Apakah bisa diberikan informasi dimana kami bisa mendapatkan kambing yang mau pakan fermentasi?
    Kl bisa daerah sekitar tegal

    Trus stockist daerah tegal dimana ya pak?

    • kosim berkata:

      Terima kasih pak Indra atas atensinya, sebetulnya kambing jenis apa saja bisa di beri pakan fermentasi namun ada caranya silakan pak indra tanyakan langsung di 085777599952.
      Kami stockist HCS brebes dekat sama tempat tinggal bapak silakan order SOC Kami juga melayani COD Untuk daerah Tegal, Brebes dan sekitarnya.

  3. akhmad nasor berkata:

    pak untuk mendpatkan HCS di mana? bahasa dagang HCS apa?

    • kosim berkata:

      Produk HCS adalah produk yang di produksi oleh PT. HCS yaitu produk pertanian, peternakan dan kesehatan silakan dapatkan di mitra dan stockis HCS terdekat dengan daerah bapak, jika kesulitan silakan order stockist kami dengan menghubungi 085777599952.
      terima kasih.

  4. Suratman berkata:

    Mas, saya tinggal di Palembang. Ada enggak stockist di Palembang, ya?

    • kosim berkata:

      Stockist HCS di Palembang belum ada pak, barang kali bapak berminat jadi Mitra HCS atau stockist HCS di Palembang silakan daftar peluang masih terbuka di sana atau ingin membeli produk HCS silakan hubungi mitra terdekat, jika masih kesulitan kontak pak Mulyadi, ST (Medan – SUMUT)HP: 0813 2111 6783 bisa juga hubungi kontak kami 0821 4408 8000

  5. warsana berkata:

    pak..kok kata temen peternak ada kambing/sapi yg tidak maumakan pakan fermentasi..apa perlu proses afaptasi dulu..gimana caranya..??

    • kosim berkata:

      Banyak cara pak, salah satunya terpaksa kambing suruh puasa dulu sehari dan hanya di kasih minum larutan SOC lalu esok harinya baru dikasih makan fermentasi insya Allah kambing akan lahap makan fermentasi tersebut.
      terima kasih pak Warsana sudah mau mampir…

      salam sukses

      • warsana berkata:

        mksh atas info nya pak..
        ow iy..di erea gombong (kebumen) sudah ad stockist hcs belum ya??

      • Muhammad Rum Palsha berkata:

        Asskum Pak Kosim,
        Saya dari Medan,Sumatera Utara,sdg berusaha memberdayakan petani padi dgn Penyehat Tanah insya Allah panen padi naik antara 30-70% pada aplikasi pertama, sekarang kami mendirikan koperasi utk memajukan peternakan sapi,kambing,ikan darat di Kabupaten Aceh Barat Daya.
        Mohon petunjuk bbrp hal utk memajukan sektor ini serta dimana bs sy mudah mendapatkan SOC di Medan atau di Aceh,tksh.

        • Kosim HCS berkata:

          untuk wilayas Medan silakan menghubungi pak Mulyadi mitra kami, untuk informasi no kontak silakan smskan ke kontak kami, terimakasih.

  6. ehan wirtana berkata:

    pa sya dri depok ad g stockis di wilayah jakarta dan depok

  7. irfan berkata:

    selamat pagi dan salam sukses pak.
    sebelumnya saya sudah melakukan budidaya kambing pak, tetapi 1 thn yg lalu sudah saya jual semua karena bahan baku pangan yg susah di dapat waktu musim kemarau.
    dengan adanya artikel dari bapak yg menarik maka saya akan mencoba untuk mempelajari lebih mendalam dan lebih lanjut.

    —“1-7 hari tiap pagi ternak diberi pakan seperti biasa yang telah di semprot dengan SOC”—

    *maksud dari argumen diatas itu bagaimana pak, apakah makanan rumput yg biasa dikasih ke ternak sebelumnya disemprot dengan cairan SOC dan disemprot dengan takaran yg bagaimana?

    —sebelumnya terima kasih dan tak lupa salam sukses—

    • kosim berkata:

      Betul pak di semprot dengan SOC selama seminggu tujuannya agar kambing terbiasa dengan aroma fermantasi sesudah itu sedikit demi sedikit campurkan pakan fermentasi sampai kambing 100% makan pakan fermentasi.
      dan masih ada cara lain agar kambing mau makan pakan fermantasi silakan kontak langsung di 082144088000
      terima kasih

  8. irfan berkata:

    selamat pagi dan salam sukses pak.
    pak saya mau menanyakan apakah ada pengganti lain dari bahan pangan ampas tahu, Ampas kecap, Kulit kedelai, Kulit kacang hijau, dan Bungkil tetapi kandungan proteinnya sama tingginya, soalnya di tempat saya ampas tahu harganya mahal pak?

    (dan apa yg dimaksud dengan bungkil pak?)

  9. sekta berkata:

    untuk dilampung stockistnya dmana pak? trmksh..

  10. hadi berkata:

    untuk daerah tulungagung jatim stokistnya d mana

  11. ade berkata:

    Kalau daerah bali dmn saya bisa dapatkan produk SOC? Thx

  12. wawan berkata:

    penanganan pakan setelah selesai fermentasi bagaimana,, msh dtutup pada bak/terpal ,apa dbuka/diangin2kan?

  13. ojie berkata:

    jika soc yg telah di campur air 10 liter dan di siram ke dalam adonan fermentasi. apa harus di habiskan atau jika di rasa sudah cukup agar di hentikan ?? mohon tanggapanya yah mass

    • kosim berkata:

      Pada saat pencampuran antara bahan dengan larutan SOC memang ada ketentuanya yaitu bahan yang hendak di fermentasi dalam keadaan tidak basah dan tidak kering (memel) jika bahan sudah memel maka pencampuran harap dihentikan.
      Nb. jika menggunakan bahan basah(gedebog) agar tidak terlalu banyak menggunakan air tetapi jika bahan kering(jerami) silakan larutkan 5 tutup dalam 10 ltr air.

  14. andrea berkata:

    Saya dari daerah purwokerto bisakah beli produk HCS di stockisthcs.com pak harganya berapa 1 botolnya?

  15. wafiq berkata:

    Mohon.penjelasan tentang komposisi pemberian pakan. Satu ekor kambing berapa kali dan per satu kali pemberian berapw kilo pakan? Dan untuk fermentasi yang sudah jadi berapa hari masa kadaluarsanya? Terimakasih atas jawabannya dan tolong rikirim juga jawabannya ke email saya

  16. rony berkata:

    pak saya berada di daerah sukabumi selatan di mna saya bisa dapatkan produk hcs

  17. h.yudha firdaus berkata:

    Saya tertarik buat mencoba HCS,untuk bisa mendapatkan buat daerah cikampek jawa barat di mana agen HCS nya ? Terimaksih

  18. munarno berkata:

    Pak, saya berada di Blora Jawa Tengah, dimana untuk mendapatkan produk hcs, terima kasih.

  19. munarno berkata:

    terima kasih atas infonya, sudah sangat membantu bagi pengembangan diri saya.

  20. taufik berkata:

    saya sedang cob mengembangkan usaha ternak kelinci. saya tertarik untuk mencoba membuat pakan dari gedebog pisang. tapi untuk campuran sperti ampas tahu,bungkil kelapa/ bungkil jagung cukup sulit untuk saya dapatkan. apa bisa ganti hanya dengan dedak saja?

    • Kosim HCS berkata:

      Ampas tahu sebagai pelengkap protein bisa anda ganti dengan lamtoro, turi, jantung pisang, kleci/kulit ari pada kedelai, kacang hijau, atau air rebusan kedelai.
      Dedak juga perlu sebagai pelengkap karbohidrat jika tepung jagung susah didapat.
      cara mendapatkannya silakan SMS saja.

  21. rohmad berkata:

    stockist wilayah ngawi jawa timur ada nggak pak?

    • Kosim HCS berkata:

      Daerah ngawi belum ada stockist HCS pak Rohmad.
      Silakan barang kali berminat menjadi stockist HCS di daerah Anda.
      Kami senang jika anda menjadi orang no 1 sebagai pembibing pertanian dan peternakan organik pola HCS sekaligus penyedia produknya.

      terima kasih.

  22. warsito berkata:

    pak untuk di daerah ajibarang stokis SOC dimana trimakasih…

  23. alfananda berkata:

    kalau di daerah gresik dapetinnya di mana pak?

  24. muji santoso berkata:

    seandainya tidak memakai ampas tahu, cuma memakai pohon pisang dan dedak saja apakah bisa pak?

    • Kosim HCS berkata:

      Kosentrat pakan kambing/sapi harus memenuhi 7 unsur penting yaitu serat, protein, karbohidrat,kalsium/mineral, bakteri matrik, glukosa dan air. 7 unsur tersebut harus ada yang mewakili atau diganti yang lain jika bahan tersebut sulit dicari disekitar kita.

  25. Adi mukhlis berkata:

    untuk daerah malang menghubungi siapa yaa….?
    saya ingin menjadi bagian dari HCS
    trims

  26. mudji berkata:

    untuk daerah purwodadi/grobogan dimana bisa mendapatkan SOC?

  27. Edy P berkata:

    Pak. Untuk daerah Lampung. dimana saya bisa beli SOC. Atau kalo beli ke bapak, bagaimana caranya.
    Nantinya sih kalo soc ini bisa dimanfaatkan oleh peternak Lampung. Saya ingin buka stokis ?
    Mohon penjelasan.
    Trims

  28. rie sutoro berkata:

    saya ingin jadi peternak kambing juga pak… bisa bantu saya

    • Kosim HCS berkata:

      jika Anda bermitra dengan kami, silakan konsutasikan tentang peternakan Anda pada kami.
      dengan senang hati akan kami pandu dengan pola HCS.

  29. cahyo berkata:

    untuk mesin chopper rumput, spesifikasinya? harga nett nya berapa ya pak? klo kirim ke kediri jawa timur total biayanya berapa? thx

  30. ULFAN berkata:

    PAK MAU TANYA PEMBELIAN 1 PAKET 600 RIBU ITU UNTUK PEMBELIAN PERTAMA APA UNTUK SETERUSNYA_
    MOHON PENCERAHANYA_

    • Kosim HCS berkata:

      setelah Anda menjadi mitra HCS maka pembelian produk HCS sudah menggunakan harga mitra.
      untuk mengetahui harga mitra silakan kontak kami.

  31. Dadi wiyana berkata:

    paksaya mau beli hcs pendaftaranya gimana

  32. siroj berkata:

    pak mau tanya? apakah kalu takaran yang kita buat untuk membuat bahan pakan fermentasi tdk sesuai dengan takaran dapat menimbulkan keracunan pada hewan ternak pak? trimkasih

  33. andi* berkata:

    Di medan sumut ada pelatihannya G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ Y̶̲̥̅̊ⓐåå
    Sy ingin sekali belajar ternak kambing dengAn cara pakan permentasi.tq

  34. wildan berkata:

    Pak, mau tanya.
    Hari rabu saya NGARIT rumput segar
    Hari Kamis pagi sisa rumput masih banyak dan segar, tapi kambing tak mau memakannya.
    Dari sisa rumput itu saya fermentasi basah pakai SOC, saya masukin karung plastik hitam 2 jam.
    Kemudian saya angin-anginkan dan saya kasih ke ternak, kok ternaknya tak mau makan pak?
    Padahal SOC saya gunakan sesuai prosedur,,
    Ada yang salah dengan komposisi saya:
    -Rumput segar (BEKAS) 1 karung
    -SOC + 1 sendok Gula + 1,5 gelas air (dilarutkan dulu)
    -Air 1 ember
    -Bekatul 1/5 kg
    -garam 1 blok / 1 kotak kecil,,bukan garam bubuk, tapi garam kotak-kotak
    -Mohon balasannya

  35. khori berkata:

    pak kalau tuk daerah tangerang ada tidak soc y

  36. chrisna berkata:

    Mohon pencerahannya pak. Pakan fermentasi bs dsimpan maksimal brp lama? Misalkan utk ilustrasi bpk diatas (gedebong pisang 100 kg), pasti tidak bs habis sama kambing2 saya dalam waktu 1 hari, lalu sisa pakan tersebut bs bertahan berapa lama dalam wadah tertutup?
    Trims ya pak….

  37. almy berkata:

    saya tinggal d kabupaten langkat sumatera utara,dimana ya pak saya boleh dapatkan produk HCS SOC ini ?

  38. kholid berkata:

    Pak mau tanya kambing saya dikasih fermentasi basah / gedebog pisang mau makan dengan lahap akan tetapi setelah beralih ke fermentasi kering / jerami koq susah makannya. pernah juga menggunakan jerami dari temanku yang sudah difermentasi tetapi tetap juga tidak mau padahal kambing temanku makannya lahap. gimana itu pak?

  39. nurman berkata:

    pak saya mau nanya,produk hcs di daerrah krwang udh ada stok nya blum?berapa lama kadaluarsa makanan permentasi?tolong di bls ke email saya,terima kasih sblum nya.

    • Kosim HCS berkata:

      ada pak, silakan kunjungi mitra di kota Anda pada menu di blog ini.
      Jenis Fermentasi basah dapat betahan sekitar 10 hari tetapi pada pakan fermentasi basah bisa tahan bertahun-tahun.

  40. lukman berkata:

    kalau di daerah bojonegoro,kalau mww membeli soc dimana ya bapak ?apakah sudah ada mitranya?…

  41. edi subroto berkata:

    kebutuhan pakan kambing/sapi adalah 10 % dari berat badannya,
    bagaimana seandainya kita beri makan melebihi 10%? apa akibatnya? TKS…

    • Kosim HCS berkata:

      Jika kita memberikan pakan lebih dari 10% dari bobot ternak tersebut, paling kalau ternak sudah merasa kenyang akan berhenti sendiri/tidak di makan, dan akan dimakan ketika kambing lapar lagi, jadi tidak usah dibuang jika pakan tidak habis dimakan.
      terima kasih pak Edi masukannya.

  42. tia berkata:

    terima kasih atas infonya, sudah sangat membantu bagi saya

  43. heni berkata:

    terima kasih buat info nya pak

  44. arifin berkata:

    apakah kambing kacang bisa full makan fermentasi gedebog pisang pak ?suwun

  45. agus aris berkata:

    Pak untuk daerah adiwerna tegal jawa tengah dimana yang dihubungi untuk membeli HCSnya ?

  46. muttaqien berkata:

    untuk jogja hcs dapat di cari dimanaya

  47. Abu Somad berkata:

    Bagi Rekan-rekan di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek,bila butuh tetes tebu/molase dalam jumlah banyak silakan hubungi kami dg tlp/sms ke no 081283742264

  48. Badrus Zaman Yusuf berkata:

    Saya Ingin sekali menjadi mitra HCS dan insy Allah akan saya kembangkan di daerah saya tigaraksa tangerang jika sudah terlihat manfaatnya
    Mohon penjelasan tentang komposisi pemberian pakan. Satu ekor kambing berapa kali dan per satu kali pemberian berapa KILO PAKAN ? Dan untuk fermentasi yang sudah jadi berapa hari masa kadaluarsanya? contoh pelepah pisang yg sdah difermentasi,,,Terimakasih atas jawabannya dan tolong kirim juga jawabannya ke email saya

    • Kosim HCS berkata:

      di Tangerang sudah ada stockistnya di sana silakan Hub pak Saiman Surya Phone: 081380881754.
      Cara pemberian pakan untuk kambing sehari 2 kali, takaran pemberian tergantung berat kambing itu sendiri dan hanya 10 % dari berat kambing itu
      misalnya kambing berat 20 kg berarti hanya 2 kg/hari.
      Pakan fermentasi basah bisa bertahan sampe 2 minggu contoh gedebog
      dan pakan fermentasi kering bisa bertahan sampe 20 tahun contoh jerami

  49. zuly berkata:

    saya minat dgn mmlihara kambing, utk penggemukan, jenis kambing apa yg mudah pk utk di gemukan???mah0n jawabannya di kirim di emeil aja terimahkasih…….

  50. hendra saputra berkata:

    kalau di daerah ntb dmn stockis hcs dan barang didapatkan terutama soc prebiotoknya gan..mau nyoba saya baru memulai ni gan trimakasih..

  51. arif berkata:

    daerah malang bisa hub siapa ya pak

  52. arif berkata:

    pak klu ada pelatihan daerah malang tlg saya di beri tahu tlg saya d email ya pak thanks

  53. darmawan berkata:

    maaf pak saya mau tanya
    ampas tahu sebagai bahan fermentasi pakan kambing apakah bisa di ganti dengan onggok(limbah singkong).
    mohon infonya pak

    • Kosim HCS berkata:

      ampas tahu disini untuk menyuplai protein.
      bahan pengganti protein selain ampas tahu antara lain: kleci kacang hijau, kleci kedelai, ampas ber, ampas kecap, ampas kopra, daun turi, daun lamtoro, azolla dan lainnya yang mengandung protein.

  54. aji berkata:

    dulu saya menggunakan fermentasi debog pisang tapi kambingnya malah buncit..perutnya saja yang besar,,,

    • Kosim HCS berkata:

      Biasanya kalo cuma perutnya yang buncit, kambingnya terlalu rakus sehingga sampah seperti plastik, tali rapiah, kain dsb dimakan sehingga akan terjadi kesalahan dalam pencernaan, akhirnya kambing tidak bertambah gemuk tetapi malah buncit perutnya saja. cara menghindari agar tidak terjadi lagi adalah semaksimal mungkin menghindari sampah tidak masuk ke area kandang, jangan menggunakan tali plastik, jangan menyapirkan pakaian dekat kandang.

  55. rian berkata:

    Pak Kosim

    Saya berminat untuk menjadi mitra hcs.
    saya di kec. bumiayu kab. brebes jawa tengah.
    karena hcs pake system referral/mutilevel, apakah saya harus daftar melalu mitra/stockist setempat atau bagaimana?
    terima kasih

  56. eko berkata:

    pak mau tanya u/ masa kadaluarsa pakan fermentasi berapa hari?

  57. pramono berkata:

    pak, seandainya ampas tahu sulit didapat apakah bisa diganti dengan ampas kelapa

    • Kosim HCS berkata:

      seandainya ampas tahu sulit didapat berikut adalah penggantinya:
      1. Ampasn Kecap
      2. Kopra/ampas kelapa
      3. kleci kacang hijau
      4. kleci kedelai
      5. susu bs
      6. daun turi
      7. daun lamtoro/pete
      8. daun kelor
      9. azolla
      10. dll

  58. agung berkata:

    pak, apakah soc bisa di ganti dengan em4..,??

  59. Jioni berkata:

    Syarat dan prosedur untuk menjadi mitra hcs bagaimana pak?

  60. didik berkata:

    Saya mau tanya pak untuk fermentasi gedebok basah bisa bertahan sampek berapa hari ya pak

  61. HENDRA berkata:

    Untuk Mitra di daerah Kab. Majene – Sulawesi Barat, stokist terdekat dimana ya pak? kalaupun jadi mitra prosesnya gimana? apakah saya mengunjungi tempat bapak agar dapat mengetahui informasi tentang penggunaan SOC?. thanks atas infonya pak.

  62. harokah berkata:

    pak d kabupaten cianjur sudah ada stockis hcs belum

  63. Tomo Gunawan berkata:

    Saya tertarik dan ingin mencoba membuat pakan fermentasi
    untuk daerah purwokerto atau purbalingga
    Sok bisa beli dimana ?

  64. roni berkata:

    di tempat saya tidak ada ampas tahu, ampas bir yang ada cuma sagu dan katul. apa bisa ampas tahu itu di ganti dengan sagu atau katul pak? dpadang dm bisa di beli SOC?

  65. Fitri berkata:

    Sy tertarik untuk memulai ternak kambing dgn hcs, klo di kota bengkulu stokisnya ada tidak pak? Maturnuwun.

  66. asri maulana berkata:

    SOC memang diakui bagus, tapi bgm cara menyimpan pangan pke gedebok pisang yang telah di fermentasi menggunakan drum? apakah tetap tertutup rapat atau dibiarkan terbuka

    • Kosim HCS berkata:

      pakan fermentasi yang sudah terbuat didalam drum harap disimpan dalam keadaan tertutrup rapat, silakan dibuka saat digunakan saja.

  67. hermanto berkata:

    sy brminat ntk mmulai ternak kambing,mhon bimbingan dri anda.

  68. ach soheh berkata:

    kalo fermentasi basah ditutup rapat apa tiidak membusuk pak saya ini juga bingung saya dah pakai soc tapi masih ngarit karena tidak tahu cara nyimpen hasil fermentasinya

  69. saiful berkata:

    Pak mw tanya apakah pakan fermentasi tdk bahaya digunakan untuk perkembangbiakan pd kambing?

    • Kosim HCS berkata:

      pakan fermentasi tidak berbaya pada jenis kambing perkembangbiakan asal tahu tentang komposisi pakan fermentasi yang dibuat. silakan ikuti pelatihannya bersama HCS. terimakasih.

  70. wawan me berkata:

    Salam, pak di daerah kami sulit utk dapat bekatul, kira2 bisa diganti apa?

  71. echsan udin berkata:

    selamat siang pak. untuk mengganti ampas tahu menggunakan daun kelor/turi/azzola dll, apakah takaranya sama pak? misal ampas tahu 15 kg di ganti dgn daun kelor/azzola 15 kg juga? terima kasih atas petunjuknya.

  72. Dedicated server berkata:

    Dalam mengurusi kambing, selain memakan rumput, kita bisa mempergunakan pakan fermentasi . Ia terbuat dari jerami yang difermentasi dengan bakteri. Jerami-jerami itu dicampur dengan gedebong pisang , ampas tahu , bekatul dan ampas kacang dan uniknya dalam 10 hari, kambing bisa naik berat badan sampai 10 hari.

  73. nurhamim berkata:

    stokist daerah temanggung ad pak?

  74. nurhamim berkata:

    o ya untuk harga soc hcs per botolnya brp pak ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *