Membuat Pakan Bebek Petelur

pakan-bebek-petelurTelur asin adalah salah satu produk dari hasil bebek petelur, telur bebek sengaja di awetkan dengan menggunakan garam agar bertahan lebih lama, rasa telur asin lebih enak dari pada telur bebek yang belum diproses pengasinan, setelah diasin kuning telur menjadi lebih berminyak dan warnanya agak kemerahan seperti bata serta rasa asin yang khas sehingga untuk camilan lebih mantap, buat lauk juga ok banget. Nama telur asin sudah terkenal semenjak tahun 80an dan terbesar sebagai industri telur asin berada di wilayah Brebes. Jangan lupa jika jalan-jalan ke Brebes mampirlah membeli telur asin sebagai oleh-oleh khas daerah Brebes selain Bawang merahnya.
Telur asin yang terbaik adalah hasil ternak bebek yang di pangon, ketika bebek di pangon di sawah bebek memakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bebek dengan optimal saat memproduksi telur, tetapi dengan sistem pangon peternak tidak dapat memproduksi telur bebek dengan jumlah besar karena terbatasnya lahan sebagai tempat angon bebek. Karena permintaan yang cukup tinggi akan telur asin maka peternak mengembangkan ternak bebeknya dengan cara dikandang dan memberi nutrisi yang mirip keadaannya di sawah. Dengan cara ini peternak berhasil memproduksi telur bebek dalam jumlah besar.
Beternak bebek petelur memiliki prospek yang bagus dilihat dari permintaan pasar akan telur bebeknya, akan tetapi kadang peternak mengalami kendala di masalah pakannya, dengan semakin melambungnya harga bahan pakan yang semakin hari semakin mahal. Perlu diingat semakin tinggi biaya perawatan maka semakin rendah keuntungan yang didapat olah peternak, dengan alasan ini kita cari solusi bagaimana agar kita dapat menghemat biaya perawatan dan meningkatkan hasil produksi telurnya. Kali ini kami ingin berbagi pengalaman cara membuat pakan bebek petelur ala HCS yang murah dengan kualitas pakan yang bagus agar menghasilkan telur bebek yang melimpah. Baiklah langsung kita mulai praktek cara membuatnya.

Bahan-bahan Untuk pembuatan pakan bebek petelur :

  1. Gedebok cacahan 20 s/d 30 %
  2. Pakan konfit 511 30 %
  3. Vibro 1 sendok dicampur air 5 ltr
  4. Air 10 ltr
  5. Katul 20 %
  6. Tepung ikan ( bekicot,kerang) 10 %
  7. Gula pasir 250gr
  8. SOC 20 tutup/kw

Teknis pembuatan pakan bebek petelur :

Siapkan gelaran, cacah gedebog sebanyak 20-30% dari total bahan, ratakan gedebog dengan ketinggian 20 cm merata, larutlan 1 sendok vibro kedalam air 5 liter, membuat larutan SOC dengan perbandingan 10 liter ditambah gula pasir 250 gr dan SOC sebanyak 20 tutup biarkan 15 menit sambil menyiapkan bahan yang lainnya, tambahkan BR 511 secara merata diatas gedebog pisang yang sudah dicacah, tambahkan tepung ikan/tepung daging (bekicot/keong) diatas BR 511, kemudian pencampuran air larutan SOC dengan katul secara merata dengan cara diaduk, setelah tercampur merata taburkan diatas semua bahan yang tadi telah dimasukan dan masukan lagi Vibro yang sudah dilarutkan di paling atas semua bahan tadi terahkir aduk semua bahan sampai benar-benar rata dan di masukan ke dalam tong untuk proses fermentasi, lama fermentasi sekitar 3 jam, dan pakan siap di berikan ke bebek petelur sebanyak 20-30 kg/hari/100 ekor. Semoga telurnya semakin bertambah banyak dengan pakan yang murah ini, SELAMAT MENCOBA.

26 thoughts on “Membuat Pakan Bebek Petelur”

  1. Mas kita bingung kl hitung Persen( % ) bahan campuran di sebut diatas kalau di jadikan satuan Kilogram berapa kg di masing2, terima kasih.

    Bahan-bahan Untuk pembuatan pakan bebek petelur :

    Gedebok cacahan 20 s/d 30 %
    Pakan konfit 511 30 %
    Vibro 1 sendok dicampur air 5 ltr
    Air 10 ltr
    Katul 20 %
    Tepung ikan ( bekicot,kerang) 10 %
    Gula pasir 250gr
    SOC 20 tutup/kw

    1. Persen adalah 1 : 100, sebagai contoh kita membuat pakan fermentasi dengan total bahan 100 kg.
      dengan katul 20% maka hitungannya 20 x 100 : 100 = 20 kg, maka bahan bekatul = 20 kg

  2. mas, kalo daerah Kuningan Jawa Barat. untuk mendapatkan produk HCS ternak bebek petelur dimana? saya akan beternak bebek petelur sesegera mungkin. terima kasih
    kalo ada nomor kontak yang bisa dihubungi tolong cantumkan di sini ya, mas.

  3. mas aqu dri wonosobo ingin coba produknya hcs untuk bebek pembesaran dan petelur mau tanya ,,apa di wonosobo blon ada agen nya mas tak tunggu jawabanya’ TRIMAKASIH’

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *