Membuat Pakan Bebek Pedaging

pakan-bebek-pedagingKenapa bebek pedaging sangat laku di pasaran? Akhir-akhir ini bebek pedaging sangat dibutuhkan di pasaran, sampai-sampai ada yang berani kontrak untuk bisa menyuplai jenis bebek pedaging ini agar pasokan daging bebek selalu tersedia di rumah makannya, hal ini menandakan bahwa permintaan bebek padaging sangatlah tinggi, ini menunjukan suatu peluang usaha yang perlu dibidik. Apalagi pemelihara bebek pedaging masih sangatlah jarang, biasanya pengepul mencari bebek afkiran sebagai pengganti bebek pedaging, karena pengepul sudah dikontrak untuk menyuplai daging bebek setiap saat kadang pengepul rela membeli bebek yang bukan pedaging atau bebek petelor yang masih produksi di jadikan bebek pedaging, bagaimana Anda melihat peluang ini? Jika Anda suka beternak ambillah peluang baik ini, semoga sukses.

Jika Anda mau mengambil peluang ini peliharalah bebek pedaging jenis HIBRIDA yaitu hasil perkawinan antara bebek mojosari dengan bebek alabio kalsel. Pertumbuhan akan luar biasa jika pengunaan pakan yang baik, management pemeliharaan yang baik pula.

Baiklah pada kesempatan ini kami akan membahas tentang pembuatan pakan yang baik untuk bebek pedaging yang berumur 20 hari dengan menggunakan pola HCS. Selain menghasilkan mutu pakan dengan gizi yang baik juga dapat menghemat biaya perawatan dengan waktu pemeliharaan yang relatif singkat antara umur 42-60 hari dengan bobot 1,2-2kg bebek hidup.

Bahan-bahan yang harus kita sediakan pakan bebek pedaging antara lain:

  1. Gedebok 20 %
  2. Ampas tahu 25 %
  3. Katul 25 %
  4. Nasi aking 25 %
  5. Jagung giling 5 %
  6. Gula pasir 250 gr
  7. SOC 20 tutup/kw

Teknis pembuatan pakan bebek pedaging:
Rendam nasi aking ±3 jam agar mengembang seperti nasi, buat larutan SOC dengan perbandingan air sebanyak 20 liter tambah gula 250 gr dan SOC 20 tutup, siapkan gelaran untuk mencacah gedebog pisang sebanyak 20% kemudian ratakan setinggi 10-20 cm masukan ampas tahu merata di atasnya, masukan nasi aking diatasnya lagi, masukan tepung jagung lalu taburkan katul yang telah di campur dengan larutan SOC. Cara me ncampur katul dengan larutan SOC, masukan larutan SOC sebanyak ¼ ember lalu masukan katul kemudian diaduk rata. Setelah bahan sudah dimasukan semua kiata aduk bahan sampai rata dan dimasukan dalam ember/drum untuk proses fermentasi selama 3 jam setelah itu pakan siap di berikan ke bebek yang sudah berumur 20 hari. Sebelum berumur 20 hari silakan menggunakan pakan berbentuk butiran campuran antara BR dan katul/dedak dan beri air minum dengan larutan SOC.

Kiranya cukup sekian untuk pembuatan pakan bebek pedaging pola HCS semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

9 thoughts on “Membuat Pakan Bebek Pedaging”

  1. Saya peternak pemula di daerah Kampung barutunggul Ciwidey,
    masih belum menemukan cara membuat pakan alternatif dengan adanya keterangan seperti ini sangat membantu dan saya mau coba produk yang di tawarkan bisa tahu harganya ya pak

    salam
    Yuyu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *